5 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Susu merupakan salah satu minuman yang kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Terdapat dua jenis susu, yaitu susu hewani dan susu nabati. Susu hewani, berasal dari kelenjar mamae yang dihasilkan oleh hewan mammalia, termasuk di dalamnya manusia. Sedangkan susu nabati adalah susu yang diperoleh dari hasil pengolahan suatu bagian tanaman tertentu seperti biji kedelai. Susu kedelai sering dikonsumsi oleh orang yang menghindari susu sapi atau susu hewani lainnya. Selain itu, susu kedelai juga dikonsumsi oleh orang yang diet, karena susu kedelai ini rendah kalori dan rendah lemak.

Susu kedelai memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Susu kedelai mengandung protein yang tinggi, tidak kalah dengan kandungan protein dalam susu sapi. Protein yang terkandung dalam susu kedelai sangat mendukung bagi pertumbuhan anak, meregenerasi sel yang rusak, serta menjaga sistem kekebalan tubuh melawan patogen-patogen yang akan menyerang tubuh.

5 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Selain itu, susu kedelai juga kaya akan vitamin dan mineral yang vital bagi tubuh manusia, ternasuk juga kalsium, zat besi, riboflavin dan vitamin B1. Susu kedelai juga mengandung asam folat yang tinggi, sehingga dapat berperan melawan lemak-lemak jahat dalam darah.

5 Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan

1. Menurunkan Resiko Terjadinya Osteoporosis

Susu kedelai dapat berperan dalam menurunkan resiko terjadinya osteroporosis atau pengeroposan tulang. Suatu hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang meminum susu kedelai dengan rutin setiap hari memiliki resiko 56% lebih kecil dari pada wanita yang tidak mengonsumsi susu kedelai.

2. Menurunkan Kolesterol

Selain memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, susu kedelai juga kaya akan asam folat. Asam folat yang terkandung di dalam susu kedelai ini dapat membantu menguraikan lemak-lemak jahat dalam aliran darah seperti kolesterol. Kolesterol dan jenis lemak jahat lainnya dapat memberikan efek yang buruk bagi kesehatan. Lemak-lemak jahat ini dapat menyebabkan penyumbatan pada aliran darah dan mengakibatkan stroke serta serangan jantung.

3. Mengatasi Masalah Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa adalah keadaan di mana tubuh tidak mampu menguraikan laktosa karena memiliki enzim laktase yang sangat terbatas. Penderita intoleransi laktosa tidak mampu mencerna susu sapi yang kaya akan senyawa laktosa, sehingga dapat menyebabkan mual-mual, muntah, dan gejala sakit perut lainnya.

Dengan adanya susu kedelai, dapat menggantikan peran susu sapi karena susu kedelai tidak mengandung laktosa. Susu kedelai juga kaya akan protein dan asam amino sehingga meskipun tidak mengonsumsi susu sapi, asupan protein dan asam amino dapat terpenuhi dengan mengonsumsi susu kedelai.

4. Membantu Penderita Autisme

Penderita autisme merupakan penderita gangguan perkembangan saraf otak, sehingga memiliki IQ yang rendah, dan sulit melakukan hubungan sosial dengan orang lain. Penderita autisme disarankan untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung protein susu (kasein) dan protein tepung (glutein). Dua senyawa ini dapat menyebabkan gangguan fungsi otak bagi penderita aurisme dan akan menyebabkan penderita autisme menjadi hiperaktif.

Susu kedelai dapat menjadi solusi bagi penderita autisme untuk tetap dapat memperoleh asupan protein, vitamin, dan mineral tanpa mendapatkan efek samping yang merugikan.

5. Mencegah Penyakit Hipertensi dan Arteriosklerosis

Susu kedelai memiliki kandungan mineral terutama magnesium yang tinggi. Kandungan magnesium ini dapat berperan dalam mengatur tekanan darah sehingga tetap stabil dan tidak menyebabkan hipertensi. Selain itu, susu kedelai juga mengandung vitamin E yang tinggi, yang dapat berperan dalam pencegahan terbentuknya plak pada arteri.

Mengonsumsi susu kedelai memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, jangan sampai hanya terpaku pada konsumsi susu kedelai saja. Selalu seimbangkan dengan asupan makanan dan minuman yang lain seperti sayuran, biji-bijian, ikan, dan telur. Semoga bermanfaat!

Related Posts

About The Author

Add Comment