Mengenali Perkembangan Bayi 3 Bulan dan Pertumbuhan Motoriknya

Seorang bayi merupakan anugerah terbesar bagi orang tua, hal ini tentunya karena merupakan buah cinta yang dapat mempererat rumah tangga. Untuk merawat bayi tentu tidak mudah, terlebih lagi saat memasuki perkembangan bayi 3 bulan, sebab.di saat usia tersebut bayi harus mendapatkan perawatan yang ekstra. Ketika sudah mulai belajar penyesuaian terhadap bulan pertama dan kedua, untuk usia setelah itu anda juga harus merawatnya dengan ekstra hati-hati dan teliti, karena pada usia inilah sang anak sudah mulai aktif.

Mengenali Perkembangan Bayi 3 Bulan dan Pertumbuhan Motoriknya

Apabila dilihat dari segi fisik, ketika usianya bertambah, pastinya bayi sudah mulai besar dan tentunya lebih aktif dan menggemaskan. Akan tetapi, ketika tidak tumbuh normal sesuai usianya, maka orang tua akan merasa cemas ketika ada tanda yang kurang normal pada bayi. Nah, berikut ini ada beberapa tanda yang bisa anda kenali:

Perkembangan Bayi 3 Bulan

  1. Usia 3 bulan, bayi akan menjadi semakin kuat terutama pada otot leher dan kepalanya. Maka anda bisa melatih kepala bayi untuk bisa tegap berdiri dengan menggunakan isyarat yang menarik atau bisa dengan didukung gerakan tangan dari jauh.
  2. Perkembangan otot bagian atas bayi sudah semakin kuat, terlebih pada bagian tangan dan dada. Apabila bayi anda sudah tengkurap, itu artinya sang bayi sudah bisa mulai menahan berat badan diperut.
  3. Perkembangan otot kaki juga akan semakin kuat, sehingga ketika bayi dalam masa ini biasanya bayi yang aktif akan menendang atau meluruskan kaki ketika dalam posisi tengkurap atau telentang. Anda bisa melakukan pijatan sederhana supaya bisa membantu perkembangan otot bayi.
  4. Perkembangan bayi 3 bulan yang normal biasanya ditandai dengan bayi yang tampak mampu untuk untuk menendang dan melakukan gerakan keras, dan jika melakukan itu maka bayi akan semakin baik. Adanya koordinasi otot tangan dan kaki inilah yang dapat bekerja secara baik.
  5. Bayi mulai mampu untuk membuka dan menutup telapak tangan dengan baik, terutama apabila anda memberikan mainan atau benda yang menarik. Maka, secara spontan bayi akan menyukainya dan tertarik untuk
  6. Tangan bayi mulai berkembang dengan baik, sehingga pada umumnya bayi akan memasukkan beberapa benda ke Anda juga harus perhatikan apabila bayi anda sudah mengalami bercak putih pada lidah.
  7. Bayi memiliki kemampuan untuk merebut beberapa benda atau mainannya.

Mengenali Pertumbuhan Motorik Bayi 3 Bulan

Untuk mengetahui tumbuh kembang bayi yang normal anda juga bisa mengenali pertumbuhan motoric dari bayi yang usianya 3 bulan;

  1. Pada bagian kepala, tangan, dan kaki umumnya sudah mengalami perkembangan.
  2. Mempunyai sistem koordinasi yang baik, sehingga sudah mampu untuk meluruskan kaki dan tangannya.
  3. Anda bisa mengamati perkembangan bayi 3 bulan dengan memberikan mainan. Perhatikan telapak tangan dan kaki, apakah bisa menutup secara bersamaan.
  4. Sistem motorik mulai berkembang baik, terutama pada bagian mulut. Biasanya bayi suka mengeluarkan suara dan melakukan komunikasi dengan orang lain. Jadi sangatlah wajar bila bayi suka menangis atau tertawa.
  5. Tidak terlalu rewel, sebab bayi sudah bisa berkomunikasi dan mengucapkan kata-kata vokal seperti u dan a. Ketika Anda mengajak berkomunikasi, maka akan direspon. Meskipun dengan menggerakkan bibir atau dengan ekspresi wajahnya.
  6. Bayi dapat melakukan koordinasi dengan baik untuk mendengarkan percakapan dari orang lain. Cara tersebut yang dapat membantu bayi untuk bisa mengenali kata pertama pada bulan selanjutnya.
  7. Tangan bayi dapat meraih berbagai benda yang menggantung. Apabila ingin mendapatkan benda yang letaknya memang tinggi, maka bayi akan menggerakkan kakinya dengan berbagai cara seperti akan berdiri atau berjalan.

Jika perkembangan bayi 3 bulan anda dirasa tidak normal, maka anda harus segera membawanya ke dokter anak agar  permasalahan tersebut segera ditangani.

Related Posts

About The Author

Add Comment