Menu Nasi Uduk Box dan Cara Mudah Membuatnya

Menu Nasi Uduk Box dan Cara Mudah Membuatnya

Catering nasi kotak tak selalu harus menggunakan nasi putih biasa saja. Anda juga bisa berkreasi dengan menggunakan nasi uduk yang memang lebih gurih. Catering nasi uduk box ini memiliki cita rasa khas yang membedakannya dengan jenis nasi lainnya. Nasi uduk itu sendiri adalah makanan khas dari Betawi atau Jakarta. Nasi uduk ini dikemas dengan daun pisang sebagai wadahnya. Tak hanya masyarakat Indonesia saja, orang mancanegara juga tak bisa menolak nasi uduk ini.

Nasi uduk kotak dikemas dengan padupadan cita rasa asli nasi uduk khas Betawi yang dibalur sentuhan kulinary modern. Catering nasi uduk kotak ini sangat cocok digunakan untuk berbagai acara, baik itu acara resmi maupun acara tidak resmi. Dalam penyajiannya, nasi uduk ini didampingi dengan lauk pauk, sayuran, sambal, dan beragam menu masakan lainnya. Isian catering nasi uduk kotak ini bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan anda.

Menu Nasi Uduk Catering

Selain nasi uduk, catering juga dilengkapi dengan aneka menu pilihan lainnya. Adapun catering nasi uduk kotak umumnya dilengkapi dengan menu ayam, lalapan, kerupuk, dan sambal. Menu ayam ini bisa digoreng, dibakar, maupun dibumbu kuning. Sementara untuk lalapan, anda bisa memilih berbagai jenis sayuran untuk dijadikan lalapan, seperti mentimun ataupun daun singkong. Untuk kerupuk, anda bisa menggantinya dengan emping apabila kurang suka.

Selain menu-menu utama di atas, anda juga bisa menambahkan menu pelengkap lainnya. Adapun menu pelengkap pada catering nasi uduk kotak ialah telur, buah, puding, ikan, dan air mineral. Menu telur bisa anda pilih telur balado, telur semur, ataupun telur bumbu kuning. Sementara untuk jenis buahnya, ada baiknya anda memilih jeruk atau apel. Saat anda memesan air mineral gelasan, anda harus memastikan bahwa di dalam catering nasi kotak tersebut telah dilengkapi dengan sedotan.

Pembuatan Nasi Uduk

Untuk menambah wawasan mengenai nasi uduk, berikut kami juga bagikan cara membuat nasi uduk selengkapnya.

Bahan utama untuk membuat nasi uduk ialah beras dan santan kelapa kental. Sementara bahan untuk digunakan sebagai bumbu nasi uduk ialah daun salam muda, cengkeh, serai, kayu manis, merica, pala bubuk, dan garam. Disamping itu, anda juga perlu menyiapkan bahan pelengkap nasi uduk yang diantaranya yaitu tahu, tempe, daging, telur, kerupuk, sambal, dan berbagai menu lain sesuai selera anda.

Setelah semua bahan disiapkan, anda bisa masuk ke proses memasak. Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat nasi uduk ialah mencuci bersih beras yang anda siapkan. Setelah beras dicuci bersih, tiriskan dan kukus selama 30 menit. Sembari menunggu nasi dikukus, anda bisa mendidihkan santan, pala, daun salam, cengkeh, kayu manis, dan serai. Masaklah sampai santan menjadi harum, lalu saring. Langkah selanjutnya, campurkan beras yang telah dikukus tadi menjadi aron. Setelah itu, aduk sampai rata agar santan meresap. Kukus selama 45-50 menit sampai nasi menjadi lunak, lalu angkat.

Dalam pembuatan nasi uduk, anda harus memperhatikan penggunaan santannya. Hal ini dikarenakan takaran santan sangat membantu cita rasa nasi uduk yang akan dihidangkan nantinya. Ada baiknya gunakan santal yang benar-benar kental supaya rasa nasi uduk yang dihasilkan gurih. Untuk nasi uduk box itu sendiri, rasa gurih dari nasi uduk tidak hilang. Salah satu alasannya ialah berkat penggunaan daun pisang yang digunakan sebagai pembungkusnya.

Related Posts

About The Author

Add Comment