Pengertian Work Life Balance Menurut Para Ahli Ternama

Pengertian Work Life Balance Menurut Para Ahli Ternama

Work life balance penting dimiliki oleh tiap pekerja supaya mendapatkan kualitas hidup yang seimbang antara hubungan pekerjaan dan pekerjaan. Work life balance mengharuskan pekerja untuk bisa mengatur dan membagi waktu secara tepat. Jika work life balance tidak terpenuhi, maka berdampak pada rendahnya kepuasan kerja, work life conflict, burnout pada pekerja, dan rendahnya kebahagiaan. Untuk lebih memahami apa itu work life balance, ada baiknya anda simak pengertian work life balance berikut ini.

Definisi Work Life Balance

Berikut ini adalah definisi work life balance menurut para ahli selengkapnya untuk anda.

Singh dan Khanna (2011)

Work life balance merupakan konsep luas yang berkaitan dengan penetapan prioritas secara tepat antara pekerjaan (karir serta ambisi) pada satu sisi dan juga kehidupan (kebahagiaan, keluarga, waktu luang, dan pengembangan spiritual) pada sisi lainnya.

Lockwood (2003)

Work life balance merupakan kondisi sembang pada dua tuntutan dimana pekerjaan serta kehidupan seseorang adalah sama. Dimana work life balance pada pandangan pekerja merupakan pilihan mengelola kewajiban kerja serta pribadi ataupun tanggung jawab akan keluarga. Lain halnya untuk pandangan perusahaan, istilah ini merupakan tantangan membentuk budaya yang mendukung di perusahaan. Dimana pekerja bisa fokus dalam pekerjaaannya sementara di tempat kerja.

Frame dan Hartog (2003:4)

Work life balance memiliki pengertian bahwa pekerja bisa secara bebas menggunakan jam kerjanya yang fleksibel untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dengan komitmen lain seperti halnya keluarga, studi, hobi, seni, dan tidak hanya fokus akan pekerjaannya saja.

Parkes and Langford (2008)

Work life balance adalah keadaan dimana seseorang (individu) yang bisa berkomitmen dalam hal pekerjaan serta keluarga, dan bertanggung jawab secara baik dalam kegiatan non-pekerjaan.

State Service Commision (2005: p6)

Work life balance merupakan upaya menciptakan budaya kerja secara produktif dimana potensi ketegangan antara pekerjaan serta bagian lain dari individu diminimalkan.

Handayani (2013)

Work life balance merupakan suatu kondisi dimana seseorang bisa berbagi peran serta merasakan adanya kepuasan dalam peran-perannya tersebut yang diperlihatkan dengan rendahnya tingkat work family conflict serta tingginya tingkat work family facilitation ataupun work family enrichment.

Greenhaus (2003)

Work life balance adalah sejauh mana seseorang (individu) merasa terikat serta puas akan kehidupan pekerjaan serta kehidupan keluarganya dan mampu untuk menyeimbangkan tuntutan pekerjaan serta keluarga.

Arti Penting Work Life Balance

Dengan tidak mengabaikan semua aspek kehidupan kerja, keluarga, spiritual, pribadi, dan sosial, work life balance mampu menciptakan etos kerja yang unggul. Tujuan work life balance tersebut didampingi oleh beberapa aspek. Adapun aspek-aspek work life balance diantaranya yaitu time balance (keseimbangan waktu), involvement balance (keseimbangan keterlibatan), dan statisfaction balance (keseimbangan kepuasan). Penerapan work life balance ini sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang mempengaruhi work life balance ini meliputi karakteristik kepribadian, karakteristik keluarga, karakteristik pekerjaan, dan sikap.

Dengan mengetahui pengertian work life balance dan seberapa pentingnya hal tersebut, diharapkan anda bisa menerapkan work life balance dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali saat bekerja. Adapun cara mencapai work life balance dalam bekerja ialah jam kerja yang fleksibel, jam kerja yang masuk akal, kerja paruh waktu, penyusunan pekerjaan yang fleksibel, mobilitas pekerjaan, cuti harian, dan masih banyak lainnya. Disamping itu, ada baiknya terdapat akses untuk penanganan anak di kantor dan akses telepon guna memastikan seluruh pekerja bisa menerima telepon dari keluarga di tempat kerja. Buat hidupmu lebih balance dan tertarget juga dengan mempelajari lebih lanjut di pelatihan sales agar kehidupanmu lebih seimbang dan sukses.

Related Posts

About The Author

Add Comment