Perkembangan Janin dari Minggu ke-1 Hingga Minggu ke-40

Janin mengalami pertumbuhan dan perkembang biakan yang sangat cepat di dalam rahim seorang ibu. Janin juga telah belajar dan melakukan berbagai aktivitas di dalam kandungan, seperti menangis, tersenyum, menggerakan tangan dan kaki, membuka mata dan mendengar lingkungan sekitarnya. Berikut ini adalah fase perkembangan janin dari Minggu ke 1 hingga 40 :

Perkembangan Janin dari Minggu ke-1 Hingga Minggu ke-40

Perkembangan Janin Minggu 1

Setelah terjadi proses pembuahan, yaitu bertemunya telur dengan sperma, akan terbentuk zigot yang kemudian mengalami pembelahan hingga membentukk jaringan dari 100 sel. Selanjutnya, jaringan ini menempel dan tertanam pada rahim yang menjadi tempat bagi tumbuh kembang janin.

Minggu 2

Pada Minggu kedua, jaringan semakin tumbuh dan berkembang menjadi 150 sel dan telah terdiferensiasi menjadi tiga lapisan. Lapisan ini terdiri dari endoderm, mesoderm, dan ektoderm yang nantinya akan beerkembang menjadi berbagai organ tubuh dan berbagai sistem fungsi dalam tubuh.

Minggu 3

Pada minggu ketiga, embrio telah berhasil menempel sempurna pada serviks atau rahim ibu. Lapisan terluar dari embrio ini akan membentuk plasenta sebagai jalur pemasok oksigen dan nutrisi dari ibu untuk embrio. Ukuran embrio sekitar 1,5 mm dan mulai membentuk berbagai bakal organ tubuh.

Minggu 4

Ukuran embrio telah mencapai 5 mm dan telah terbentuk jantung juga sudah berfungsi dengan mengalirkan darah melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh embrio.

Minggu 5

Ukuran embrio mencapai 7 mm. Pada usia struktur otak dan sistem saraf mulai dibentuk. Tangan sudah mulai dibentuk meskipun belum sempurna, sedangkan mata, telinga dan mulut baru akan dibentuk.

Minggu 6

Pada usia ini ukuran embrio mencapai 12 mm, dengan kaki yang sudah terbentuk. Sistem pencernaan juga baru mulai tumbuh. Kepala sudah mulai terlihat meskipun masih kecil, dan bibir atas dan langit-langit mulai terbentuk.

Minggu 7

Ukuran embrio sekitar 19 mm. Pada usia ini sistem otot dan saraf juga sudah bisa berfungsi dengan baik, sehingga telah mampu menunjukkan refleks kepada ibunya.

Minggu 8

Pada usia ini, embrio sudah dapat disebut janin, karena telah memiliki wajah yang serupa dengan manusia. Plasenta telah berkembang, sehingga janin dikelilingi oleh air ketuban yang kaya akan pembuluh darah ibu. Ukuran janin pada usia ini sekitar 3 cm.

Minggu 9

Ukuran janin sekitar 5,5 cm dengan muka yang semakin jelas. Mulut juga sudah terbentuk, dimana pita suara dan kelenjar air liur sudah terbentuk.

Minggu 10-12

Jantung telah bekerja sempurna, dan tulang mulai terbentuk. Tulang wajah juga semakin sempurna, dan mampu menelan dan mengeluarkan urin. Organ dan sistem tubuh sudah terbentuk sempurna. Tulang belakang juga sudah terbentuk sempurna.

Minggu 13-17

Pada usia ini, panjang janin sekitar 10-13 cm. Janin juga sudah mengalami mimpi. Pada usia 16 minggu, jenis kelamin sudah dapat dilihat dengan jelas. Lanugo atau rambut halus juga sudah terbentuk di kepala janin.

Minggu 18-22

Ukuran janin sudah mencapai 25-28 cm dan memiliki berat 227-454 gram. Janin sudah mampu mendengar dan memberikan respon berupa gerakan, sehingga pada usia ini ibu akan merasakan tendangan atau pukulan dari janin.

Minggu 23-26

Pada usia ini janin memiliki peluang hidup yang lebih besar dari pada usia sebelumnya. Paru-paru dan pankreas janin sudah dapat bekerja secara efektif.

Kehamilan minggu 27- 31

Pada usia ini, semya organ dan sistem fungsi dalam tubuh janin terus mengalami pematangan dan perkembangan. Diperkirakan, sebagian besar janin (91%) mampu bertahan hidup lahir di usia ini, namun berisiko mengalami kecacatan atau berat badan lahir rendah.

Minggu 32-36

Pada usia ini berat janin dapat mencapai 1.814 – 2.268 gram dengan panjang sekitar 41 sampai 43 cm. Tendangan, pukulan, serta gerakan janin akan semakin kuat.

Perkembangan Janin Minggu 37-40

Usia kehamilan ini merupakan minggu-minggu terakhir kehamilan dimana berat janin dapat mencapai  2.722-3,639 gram dengan panjang sekitar 46 cm. Memasuki usia 40 minggu, semua organ dan sistem organ sudah terbentuk dan berfungsi dengan baik, dan janin siap dilahirkan.

Related Posts

About The Author

Add Comment