Prinsip Negosiasi dan Tujuannya Agar Anda Lebih Handal

Prinsip Negosiasi dan Tujuannya Agar Anda Lebih Handal

Dalam seni berkomunikasi, negosiasi merupakan aspek yang penting. Negosiasi sendiri maksudnya adalah musyawarah untuk mendapatkan mufakat, atau usaha yang dilakukan untuk membangun sebuah kerjasama antara beberapa pihak. Dalam bernegosiasi tentunya terdapat prinsip negosiasi yang bisa anda terapkan.

Seiring berkembangnya sebuah peradaban manusia, sehingga proses interaksi sosial yang terjadi di antara manusia semakin rumit dan kompleks. Hal itu akhirnya mengakibatkan timbulnya maksud atau tujuan lain yang diharapkan dari suatu negosiasi. Tujuan tersebut dapat bersifat positif,yaitu negosiasi dapat menguntungkan kedua belah pihak atau bersifat negatif, yaitu negosiasi yang dapat merugikan salah satu pihak.

Apakah Prinsip dan Dasar Dari Negosiasi?

Saat anda ingin melakukan sebuah negosiasi dan berusaha untuk mendapatkan keinginan yang anda impikan, maka  sebaiknya perlengkapi diri Anda dengan empat prinsip dalam bernegosiasi berikut ini. Ketahui dan kuasai maka Anda akan menjadi lebih handal dalam bernegosiasi.

  1. Transparansi merupakan kejujuran, tapi boleh menggunakan taktik (taktik bukanlah kebohongan). Dapat menentukan taktik yang tidak mengandung unsur kebohongan, sehingga tidak merugikan pihak lain yang terlibat dalam negosiasi.
  2. Akuntabilitas atau dapat dipertanggungjawabkan, sehingga dapat konsekuen dengan apa yang dikatakan.
  3. Keadilan, yakni dapat melakukan pembagian porsi dalam suatu kerja sama secara adil, sehingga tidak memberikan kerugian pada oknum tertentu, yang dinilai lebih memiliki kepentingan.
  4. Saling menghargai dan menghormati sehingga dapat terbina hubungan baik dengan partner. Saat pihak lain menyampaikan pendapatnya, hendaknya pihak lain yang mendengar menghargai dan menghormati apa yang disampaikan. Salah satunya dengan tidak memotong pembicaraan.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Negosiasi

Ketika menyampaikan pendapat dalam negosiasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Pendapat disampaikan dengan lancar, jelas, dan sopan, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam memahami pendapat yang disampaikan.
  2. Pendapat yang disampaikan harus disertai alasan, fakta, atau contoh secara jelas. Tujuannya adalah agar apa yang disampaikan dapat diterima secara rasional dan benar.
  3. Menyampaikan pendapat dengan intonasi dan suara cukup keras untuk didengar sehingga lebih mudah dipahami orang lain. Jika pendapat anda disampaikan dengan menggunakan intonasi dan suara yang kurang keras, ini bisa mengakibatkan pendengarmerasa kesulitan dalam mendengar dan juga memahami hal yang disampaikan.
  4. Kejelasan dalam menyampaikan pendapat akan membuat orang lain lebih percaya dan pihak lawan negosiasi dapat memahami hal yang disampaikan.

Para pelaku negosiasi harus sudah mengetahui alternatif-alternatif apa saja yang mungkin ada. Jika Anda tidak mengetahui alternatif-alternatif Anda, Anda mungkin akan menerima kesepakatan yang jauh lebih buruk dibandingkan dengan apa yang mungkin Anda miliki, atau menolak sesuatu yang lebih baik dari apa yang sudah dicapai /disepakati.

Tujuan Negosiasi

Adapun yang menjadi tujuan dari sebuah negosiasi adalah mendelegasikan kepentingan kepada pihak yang lain, akan tetapi pendelegasian ini dapat terlaksanadengan baik apabila kedua pihak memiliki korelasi dalam sumber daya alam yang dimiliki.

Selain itu, negosiasi juga bertujuan agar bisa memperoleh simpati dari gagasan yang sedang ditawarkan. Secara implisit tujuan negosiasi berhubungan dengan marketing. Namun, bukan hanya marketing yang berkaitan dengan barang konsumtif, melainkan juga pelayanan jasa dan penyelesaian masalah.

Demikianlah penjelasan mengenai prinsip negosiasi dan juga tujuan dari sebuah negosiasi. Dengan penjelasan yang sudah kami sampaikan di atas, semoga bisa menambah pengetahuan dan pemahaman anda tentang bagaimana cara bernegosiasi yang baik. Selain itu informasi yang kami bagikan ini semoga bermanfaat untuk anda dalam keterampilan bernegosiasi.

Related Posts

About The Author

Add Comment